[Software Gratis] Braja Folder Lock Untuk Windows XP, 2000, 2003, Vista

by in 0

Kita sering dibuat  jengkel atau pusing dengan hilangnya data atau file yang kita simpan di komputer atau laptop kita, hal ini tidak lain selain karena virus atau malware justru dikarenakan keteloran kita sendiri yang menyimpan file yang bisa di buka, diutak-atik atau bahkan diobok-obok oleh orang lain. Kini hal itu tidak perlu terulang lagi, Braja Techonology sebuah pengembang software asal Desa Cikeusal, Kab. Kuningan – Jawa Barat telah mencipatakan sebuah aplikasi (software) sebagai locker penyimpan data-data kita dikomputer dengan sistem proteksi tinggi baik dari serangan virus, malware, trojan atau bahkan keisengan tangan-tangan jahil.
Oleh pengembangnya aplikasi ini diberi nama Braja Locker. Soal kualitas dan fitur, tidak perlu diragukan lagi !. Menurut review tabloid PC-Plus, Braja Locker tidak kalah bersaing dengan aplikasi sejenis yang sudah populer semisal Folder Lock atau File Lock yang rata-rata berbayar. Hemmmm… tepuk tangan buat Braja Technology crew.. !!!
Braja Locker mendukung sistem Windows 2000, XP, 2003 dan Vista, sedangkan untuk Windows 7 wayahna belum suport, (katanya) >>> pengembang masih menggarapnya. Sistem drive yang didukung yaitu NTFS, FAT32,  dan FAT. Cara pakainya juga mudah, ok kita langsung ke Teeeee…. Kaaaaaaaaa… Pe !!!
  1. Download dari situs Braja Technology >>> DISINI  atau  untuk download langsung klik DISINI (versi 1.1.02 Update tanggal 12 Juni 2010)
  2. Instal aplikasinya, ikuti wizard isntalasi hingga beres. Jika sudah, reboot sistem dan jalankan Braja Lock
  3. Pada awal pengaktifkan sobat akan diminta memasukan kata kunci alias password yang dijadikan gembok dari aplikasi ini. Silahkan isi dengan kata kunci yang sama di 2 kolom tersebut, dan ingat “JANGAN SAMPAI LUPA”.
  4. Untuk mengunci 1 atau beberapa file, klik [Add Files(s)]. Pada boks dialog yang muncul, kemudian cari dan klik file yang mau sobat “kunci”. Sobat dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menekan [ctrl] dan klik “files”. Jika sudah, klik [Open]
  5. Jika ingin sekaligus menyembunyikan satu folder, klik [Add Folder]. Cari dan klik folder yang akan dikunci pada kotak pencarian yang muncul, terus klik [Open]. File dan folder yang dipilih akan muncul di jendela aplikasi dan brstatus “Locked”
  6. Sobat juga bisa mengunci file data menurut ekstensi atau jenis file-nya. Misalnya, jika ingin mengunci semua file berekstensi .3gp, maka klik [Add Extension], lalu ketikan ekstensi file yang hendak dikunci pada kotak isian “Type an extension to lock”. Perhatikan keterangan mengenai beberapa ekstensi yang tidak boleh di-lock. Klik [Ok]
  7. Jika sobat sedang membuka Windows Explorer, sobat bisa mengklik > tarik file atau folder yang hendak dikunci dari Windows Explorer ke arah aplikasi Braja Lock. Secara otomatis, file atau folder yang masuk akan menjadi terkunci.
  8. Jika aplikasi ditutup, maka secara otomatis file, folder dan file berkestensi yang sudah dipilih untuk diamankan di Braja Lock akan secara otomatis terkunci dan menghilang (eng.. ing… engggg…!!! :D ) dari tampilan Windows Explorer
  9. Nah, kalau sobat ingin memunculkannya kembali, jalankan Braja Locker, masukan passwordnya, lalu pilih file yang hendak dimunculkan kembali. Jika sudah dipilih klik[Remove] atau hilangkan tanda centang didepan nama aplikasi pada kolom “Locked”. File atau folder tersebut secara otomatis akan muncul kembali di Windows Explorer.

Leave a Reply